Selasa, 10 April 2012

contoh RPP seni tari kelas 4 smt 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / I (satu)
Pertemuan Ke
: 13 – 14  
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI TARI
6.  Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari

Kompetensi Dasar
6.1. Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat
6.2. Memeraga-kan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton


I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Melalui penugasan pementasan, siswa mempersiapkan penampilan tari daerah Nusantara.
  • Pembentukkan kelompok pementasan tari daerah nusantara.
  • Menyiapkan materi pementasan, latihan busana, musik pengiring dan perlengkapan tari lainnya.
  • Melakukan latihan gerakan tari daerah Nusantara.
  • Menyiapkan busana dan perlengkapan lainnya.
  • Melakukan latihan gerakan tari daerah dengan serius.
  • Menyelaraskan gerakan dan iringan tari daerah Nusantara.
  • Meningkatkan kekompakan agar tercipta harmoni tari yang indah.
v Karakter siswa yang diharapkan :  
  • Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab


II.   Materi Ajar
  • Memperegakan tarian Nusantara
  • Pementasan sederhana.

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Pertunjukkan
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
    - Melatih sebuah tarian Nusantara untuk setiap kelompok
4. Praktik

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
2.      Salam pembuka
3.      Mengabsen siswa
4.      Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.      Memperlihatkan pertunjukan tari daerah melalui VCD tari
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Setelah menonton pergelaran tari Nusantara siswa memilih salah satu daerah secara kelompok
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Memberikan contoh tari
F Mengarahkan siswa untuk mengikuti secara bertahap, dan berulang-ulang
F Mengarahkan setiap kelompok  berlatih
F Menampilkan tarian daerah secara kelompok
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tugas berlatih tari secara kelompok

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 


VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·        Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·        mempersiapkan penampilan tari daerah Nusantara
·        Pembentukkan kelompok pementasan tari daerah nusantara
·        Menyiapkan materi pementasan, latihan busana, musik pengiring dan perlengkapan tari lainnya.
·        Melakukan latihan gerakan tari daerah Nusantara.
·        Menyiapkan busana dan perlengkapan lainnya.
·        Melakukan latihan gerakan tari daerah dengan serius.
·        Menyelaraskan gerakan dan iringan tari daerah Nusantara.
·        Meningkatkan kekompakan agar tercipta harmoni tari yang indah
·        Ulangan harian
Unjuk kerja
·   test praktik melalukan tarian Nusantara
·   soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan
·   mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru secara kelompok

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :