Jumat, 06 April 2012

silabus tematik kelas 1 smter 1


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK REVISI
Tema : Bersekolah
Kelas :  I
Semester :  I


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Metode
1.Matematika
Mengenal beberapa bangun ruang
3.1Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung. dan kerucut)
§  macam-macam bangun ruang.
§  bentuk-bentuk bangun ruang
§  Menyebutkan macam-macam bangun ruang.
§  Menyebutkan macam-macam bangun ruang (C1)
§  Mengingat macam-macambangun ruang (C1)
§  mengingat bentuk-bentuk bangun ruang (C1)
§  Membedakan bentuk-bentuk bangun ruang (C4)
§  Menafsirkan bentuk bangun ruang dengan benda-benda di sekitarnya (C6)
§   Lisan


§  Tertulis


§  Tertulis


§  Lisan


§   Portofolio
1 minggu
§   
§  Tanya jawab

§  Ceramah


§  Ceramah


§  Diskusi


§  Pemberian tugas
2.Bahasa Indonesia
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
§  Mendengarkan cerita.
§  Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita atau dongeng.
§  Menyebutkan nama tokoh yang terdapat dalam cerita atau dongeng (C1)
§  Menilai watak baik dan buruk tokoh yang terdapat dalam cerita atau dongeng (C3)
§  Menceritakan kembali dongeng yang didengarnya (P3)
§  Lisan



§  Tertulis



§  Bercerita

1 minggu

§  Tanya jawab


§  Ceramah



§  CBSA
3. PKN
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.











§  Contoh hidup rukun di rumah dan disekolah.
§  Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah
§  Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah










§  Menyebutkan contok kerukunan di rumah (C1).
§  Menyebutkan contoh kerukunan di sekolah (C1)
§  Menceritakan kerukunan hubungan dengan teman sebaya (C2)
§  Menerapkan hidup rukun di sekolah (C3)
§  Menerapkan hidup rukun di rumah (C3)
§  Lisan


§  Lisan


§  Bercerita


§  Portofolio

§  Portofolio

§  Lisan


§  Lisan


§  Tertulis


§  Tertulis


§  Lisan


§  Lisan
1 minggu

§  .Tanya jawab

§  Tanya jawab
§  CBSA


§  Pemberian Tugas

§  Pemberian Tugas

§  Tanya jawab

§  Tanya jawab

§  Ceramah

§  Ceramah

§  Tanya jawab

§  Tanya jawab


1.3 Menerapkan hidup rukun dirumah dan di sekolah.
§  Menerapkan hidup rukun dengan keluarga dan teman di sekolah.
§  Memberikan contoh kerukunan di sekolah.
§  Memberikan contoh kerukunan di rumah
§  Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah (C1).
§  Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah (C1).
§   Menjelaskan tentang kerukunan hidup di sekolah (C1).
§  Menjelaskan tentamg kerukunan hidup di rumah (C1).
§  Mengajukan pertanyaan mengenai hidup rukun di sekolah (A2).
§  Mengajukan pertanyaan mengenai hidup rukun di rumah (A2)
4. Seni Rupa
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
4.1  Menampilkan pola irama sederhana
§  Permainan pola irama music sederhana
§  Bermain pola irama music sederhana
§  Menampilkan pola irama music sederhana secara berkelompok
§  Mengingat pola irama music sederhana (C1).
§  Menghafal pola irama music sederhana (C1)
§  Mendengarka pola irama music sederhana (A5).
§  Membedakan pola irama sederhana (C4)
§  Menggabungkan pola irama music sederhana(P1).
§  Menampilkan pola irama music sederhana.
§  Lisan

§  Lisan

§  Perbuatan

§  Tertulis

§  Tertulis

§  Perbuatan
1 minggu

§  Tanya jawab
§  Tanya jawab

§  CBSA
§  Ceramah

§  Ceramah

§  CBSA

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara kelompok maupun klasikal
§  Menyanyikan lagu anak-anak
§  Menyanyikan lagu anak-anak secara berkelompok.
§  Menyanyikan laguanak-anak secara klasikal
§  Menyebutkan lagu anak-anak secara berkalompok (C1).
§  Mendengarkan lagu anak-anak secara berkelompok (A5).
§  Mendengarkan lagu anak-anak secara klasikal (A5)
§  Memutar lagu anak-anak secara berkelompok (P3).
§  Memutar lagu anak-anak secara klasikal (P3).
§  Menyanyikan lagu anak-anak secara berkelompok.
§  Menyanyikan lagu anak-anak secara klasikal (C1).
§  Lisan


§  Perbuatan

§  Perbuatan


§  Perbuatan


§  Perbuatan

§  Perbuatan


§  Perbuatan
1 Minggu

§  Tanya jawab

§  CBSA

§  CBSA


§  CBSA


§  CBSA

§  CBSA


§  CBSA
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP / NIK : ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel .



(...........................................................)
NIP / NIK : ....................................
           


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK REVISI
Tema : Mengamati Lingkungan
Kelas :  I
Semester :  I


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Metode
1.      IPA
Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat

2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat

§   lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.

§  Mengenal lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
§  membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat

§  Membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat (C4)
§  Mempertanyakan mana lingkungan yang sehat dan tidak sehat (A1)
§  Mengajukan pertanyaan tentang lingkungan sehat (A2)
§  Mengajukan pertanyaan tentang lingkungan yang tak sehat (A2)
§  Menilai lingkungan yang sehat (C6)
§  Meniklai lingkungan yang tidak sehat (C6).

§  Tertulis



§  lisan

§  lisan


§  lisan

§  tertulis

§  tertulis
1 minggu



§  Praktik



§  Tanya Jawab
§  Tanya Jawab

§  Tanya Jawab

§  Praktik

§  Praktik
2.      Seni Rupa
1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar
§  Unsur-unsur seni rupa pada benda di alam sekitar
§  Mengenal unsur rupa di alam sekitar
§  mengidentifikasi unsurrupa di alam sekitar
§  Mengenal unsur rupa pada benda yang ada di alam sekitar (C1)
§  Menyebutkan unsur-unsur rupa pada benda yang ada di alam sekitar (C1)
§  Membedakan unsur rupa pada benda di alam sekitar (C4)
§  Menjelaskan unsur rupa paa benda di alam sekitar (C3)
§  Mengajukan pertanyaan tentang unsur rupa pada benda di alam sekitar (A2).
§  tertulis


§  lisan


§  lisan


§  lisan


§  lisan
1 minggu

§  Ceramah


§  Tanya jawab

§  CBSA


§  CBSA


§  CBSA
3.      Bahasa Indonesia
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
§  Menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
§  Mengenal benda-benda yang ada di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimatsederhana
§  Mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan
§  Mengenal benda-benda yang ada di sekitar dengan bahasa sederhana (C1)
§  Mengenal fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (C1)
§  menyebutkan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana (C1)
§  menyebutkan fungsi snggota tubuh dengan kalimat sederhana(C1).
§  Menjelaskan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (C2).
§  Menjawab pertanyaan tentang benda-benda yang ada di sekitar dengan kalimat sederhana (A2)
§  tertulis



§  Tertulis

§  Lisan


§  Lisan


§  Lisan

§  Lisan





§  Ceramah



§  Ceramah

§  Tanya jawab

§  Tanya jawab

§  CBSA

§  CBSA
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP / NIK : ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel .



(...........................................................)
NIP / NIK : ....................................



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Diri Sendiri


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Metode
1. IPS :
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

1.1  Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.












1.2  Menceritakan pengalaman diri sendiri.


·     identitas diri , keluarga, dan kerabat.













·     Menceritakan pengalaman yang berkesan

·     Mengenal nama lengkap dan  nama panggilan
·     Menyebutkan nama lengkap orang tua
·     Menunjukkan alamat tempat  tinggal
·     Menyebutkan jumlah anggota  keluarga yang tinggal dalam  satu rumah

·     Menceritakan pengalaman sendiri di depan kelas.
·     Mengungkapkan perasaan secara lisan dan tertulis tentang yang telah dialami.


·     Menyebutkan nama  lengkap
·     Menyebutkan panggilan
·     Menyebutkan usia.
·     Menceritakan alamat tempat tinggal
·     Menceritakan alamat sekolah .
·     Menyebutkan nama ayah dan ibu.
·     Menyebutkan nama anggota keluarga yang tinggal di rumah.

·     Mengingat pengalaman yang pernah dialaminya dengan menggunakan bahasanya sendiri
·     .Menyebutkan pengalaman unik yang terjadi pada dirinya sendiri.
·     Menjelaskan pengalaman itu didepan kelas.
·     Membedakan mana pengalaman yang bisa ditiru/tidak.


·     Tertulis
·     Tertulis
·     Lisan

·     Lisan


·     Lisan

·     Lisan


·     Lisan

1 minggu

Buku Tematik
Pengembangan
Guru

2. IPA  : 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                           perawatannya.

·     Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.


·     bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.


·     Menyebutkan bagian-bagian  tubuh manusia
·     Menjelaskan kegunaan dan  bagian-bagian tubuh manusia
·     Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita

·     Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·     Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·     Menunjukkan cara merewat tubuh.
·     Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.


Lisan





§  Bahasa Indonesia 


§ Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.


§ Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

§ Menyebutkan data diri dengan  kalimat sederhana
§ Menyebutkan nama lengkap orang tua
§ Menyebutkan nama lengkap saudara kandung


§ Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
§ Menyebutkan data diri
§ Menyebutkan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
§ Menyebutkan nama anggota

§ Perbuatan
§ Tertulis
§ Lisan


§ Lisan



4.       Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.


§ Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
§ Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..


§ Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
§ Membuat karya kerajinan .


§ unsur rupa pada benda alam sekitar.
§ diri melalui teknik menggunting / menyobek..


§ Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sektar.
§ Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.


Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )










Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP/NIK :

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas  I



( ……………………………… )
NIP/NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Budi Pekerti


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Metode
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.


·     sikap hidup rukun

·     Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga


·     Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·     Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .


Lisan
Tertulis



2. PKN             :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

·     Hidup rukun

·     Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.

·     Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·     Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.


Portofolio




3. Bahasa Indonesia 

·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.


·     Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
·     Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
·     Suku kata, kata dan kalimat sederhana.

·     Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·     Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri..
·     Siswa dapat membaca nyaring..
·     Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·     Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.


·     Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Membaca nyaring ( didengar siswa )
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
§  



4. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.


·     Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi



·     Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan



·     Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·     Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.



·     Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·     Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ).






v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )










Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP/NIK :

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas  I



( ……………………………… )
NIP/NIK :


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK REVISI
Tema : Kegiatan
Kelas :  I
Semester :  I


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Metode
1.Matematika

1.1  Membilang banyak benda




1.2  Mengurutkan banyak benda




1.3  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20




1.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20








2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, sore, malam) hari dan jam
§  Membilang banyak benda




§  Mengurutkan banyak benda




§  Penjumlahan dan pengurangan 1-2







§  Penjumlahan dan pengurangan 1-20













§  Mengenal hari, jam dan waktu.
§  Menyebutkan banyak benda




§  Mengurutkan banyak benda




§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan 1-20






§  Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan 1-20










§  Menentukan hari, jam, dan waktu pagi, siang, sore dan malam.
§  Mengenal banyak benda
§  Menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar lingkungan siswa
§  Membilang banyak benda
§  Mengingat banyak benda
§  Menerangkan banyak benda
§  Menata banyak benda

§  Mengingat penjumlahan dari 1-20
§  Mengingat pengurangan dari 1-20
§  Menghitung penjumlahan 1-20
§  Menghitung pengurangan 1-20


§  Menghitung soal tentang penjumlahan 1-20
§  Menghitung soal tentang  pengurangan 1-20
§  Menjawab soal penjumlahan 1-20
§  Menjawab soal pengurangan 1-20mengajukan pertanyaan tentang penjumlahan 1-20
§  Mengajukan pertanyaan tentang pengurangan 1-20

§   Mengenal hari, jam dan waktu.
§  Mengingat hari, jam, dan waktu.
§  Menghafal hari, jam. Dan waktu
§  Menerapkan hari, jam dan waktu pada kehiodupan sehari-hari dan waktu.
§  Tertulis
§  lisan
1 minggu



§  Praktik



§  Tanya Jawab
§  Tanya Jawab

§  Tanya Jawab

§  Praktik

§  Praktik
IPA
1.Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya



3.Mengenal berbagai benda dan kegunaannya melalui pengamatan  perubahan bentuk benda
§  Membiasakan hidup sehat
§  Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
§  Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
§   
·  Menyebutkan bagian-bagian tubuh manusia
·  Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita
·  Menjelaskan kegunaan dan bagian-bagian tubuh manusia
·  Menerapkan pola makan teratur
·  Meyakini pentingnya merawat tubuh
·  Membentuk jadwal untuk berolahrag
·  Menyebutkan jenis-jenis benda
·  Mengasumsikan jenis benda berdasarkan ciri
·  Memilah benda-benda yang ada di lingkungan setelah diketahui jenisnya
·  Membedakan antara benda padat,benda cair, dan benda gas

§  tertulis


§  lisan


§  lisan


§  lisan


§  lisan
1 minggu

§  Ceramah


§  Tanya jawab

§  CBSA


§  CBSA


§  CBSA
3. PKN














4.Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni tari

2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah













5.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
§  Tata tertib di rumah dan di sekolah













§  Gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
§  Menerangkan tata tertib di rumah dan di sekolah













§  Menghafal gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

§  Menyebutkan tata tertib di rumah
§  Menyebutkan tata tertib  di sekolah
§  Menjelaskan tata tertib di rumah
§  Menjelaskan tata tertib di sekolah.
§  Menilai tata tertib di rumah
§  Menilai tata tertib di sekolah
§  Menyesuaikan tata tertib di rumah
§  Menyesuaikan tata tertib di sekolah.

§  Mengingat gerakan tari menurut tingi rendah
§  Menghafal gerakan tari menurut tingkatan tinggi rendah
§  Mengikuti gerakan tari menurut tingkatan tinggi rendah
§  Menata gerakan tari menurut tingkatan tinggi rendah
§  Menampilkan gerakan tari menurut tingkatan tinggi rendah secara berkelompok

§  tertulis



§  Tertulis

§  Lisan


§  Lisan

§  Lisan

§  Lisan





§  Ceramah



§  Ceramah

§  Tanya jawab

§  Tanya jawab

§  CBSA

§  CBSA








Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP / NIK : ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel .



(...........................................................)
NIP / NIK : ....................................