Rabu, 12 September 2012

RPP tematik kelas 1 smtr 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)  TEMATIK
 

Nama Sekolah : SDN MARGASARI 07
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 15 menit


I. Standar Kompetensi
 IPA/ Sains :  Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam    kehidupan sehari-hari.
 Bahasa Indonesia :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar
II. Kompetensi Dasar  :
IPA 4.2 :
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
 Bahasa Indonesia 5.1 :
Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
III. Indikator :
Menyebutkan sumber  energi dalam kehidupan sehari – hari .
Menuliskan sumber energi dalam kehidupan sehari – hari .
Menceritakan kembali pengalaman belajar yang telah dilaksanakan.
IV. Tujuan Pembelajaran :
Melalui metode demonstrasi  dengan menggunakan media mobil mainan,bolpoint dan magnet diharapkan siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak dalam kehidupan sehari – hari .enunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
Melalui metode ceramah diharapkan siswa dapat menuliskan sumber energi dalam kehidupan sehari – hari .
Melalui pengamatan  diharapkan siswa dapat menceritakan kembali pengalaman belajar yang telah dilaksanakan .

Karakter siswa yang diharapkan  : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif,Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab.



V. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
Energi dan perubahannya
Menceritakan kembali pengalaman belajar dalam kelas
VI. Metoda Pembelajaran :
Ceramah.
Demontrasi.
Bermain
Pemberian tugas .
VII. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran. ( Religius )
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran ( Tanggungjawab )
Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya. (Rasa ingin tahu )
B.  Kegiatan inti :
Eksplorasi
Guru menjelaskan  materi mengenai sumber  energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari -  hari .( tanggungjawab )
Siswa menyebutkan sumber energi dalam kehidupan sehari – hari.(rasa ingin tahu )
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan bentuk energi .( disiplin)
Setelah  menyebutkan dan menjelaskan teori sumber energi gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan adanya sumber energi gerak . ( rasa ingin tahu )
Elaborasi
Siswa dengan bimbingan guru memperagakan batere yang dimasukan ke dalam senter, dan akhirnya senter tersebut dapat menyala, lalu batere di buka kembali siswa dapat membuktikan senter tidak dapat menyala.( Disiplin)
Siswa dengan bimbingan guru melakukan peragaan melalui pegas/per dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/ pegasnya, dan dapat melihat akibatnya. Per/ pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat melihat perubahannya.
Siswa bersama guru membuat pesawat dari kertas . hal ini bertujuan untuk membuktikan adanya energi angin yang dapat menggerakkan pesawat kertas tersebut untuk terbang.( kreatif )
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk menyampaikan kembali hasil belajar yang telah dilakukan didepan kelas .( peduli sosial )
Siswa mencatat hal yang disampaikan oleh teman didepan kelas.( disiplin)
Siswa dengan ditunjuk oleh guru maju untuk membacakan kesimpulan sementara yang telah mereka catat.( tanggungjawab )
Memberi tanggapan terhadap hasil siswa dengan memberikan tepuk tangan / reward.( menghargai prestasi )
Konfirmasi :
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. ( rasa ingintahu)
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pahaman mengenai materi yang telah disampaikan.( tanggunjawab )
Guru memberikan penguatan  dan penyimpulan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan .( tanggungjawab )
Guru mendiktekkan kesimpulan belajar ( disiplin )
C.  Kegiatan akhir :
Penutup
Siswa mengumpulkan kesimpulan yang didiktekan yang telah mereka catat.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati dan mencatat benda – benda yang bergerak / tidak dengan  menggunakan energi listrik.
VIII. Sumber / bahan ajar
Sumber :
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
BSE senang berbahasa Indonesia
Alat / bahan :
Mobil mainan , bolpoint , pesawat terbang kertas .

IX. . Kriteria Penilaian      
1. Produk ( catatan hasil kesimpulan )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Kognitif * sangat paham
* cukup paham
* tidak paham 3
2
1
 2. Performansi
No. Aspek Kriteria Skor
1.



2. Afektif



Psikomotorik * aktif
* cukup aktif
* tidak aktif

*  berpartisipasi
* cukup berpartisipasi
* tidak berpartisipasi 3
2
1

3
2
1



 3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performan Kognitif Jumlah Skor Nilai
Afektif Psikomotorik
1.
2.
3.
4.
5.





 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.







Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI



( Fine Reffiane S.pd, M.pd )
NIP : ………………… Semarang, 13 September 2012      
Guru Tematik Kelas I



( Rosdiana Dwijayanti )
  NPM : 10120310