Jumat, 06 April 2012

tugas RPP IPA kelas 4 / 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu                           :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1.      Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur  tumbuhan dengan fungsinya.

C.    Tujuan Pembelajaran**
o   Siswa dapat Mendeskripsikan jenis akar serabut dan akar tunggang
o   Siswa dapat Mendeskripsikan kegunaan akar
o   Siswa dapat Mendeskripsikan penggunaan batang
o   Siswa dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
o   Siswa dapat Mendeskripsikan bagian-bagian yang dimiliki bunga sempurna seperti :
-   tangkai
-   dasar bunga
-   kelopak

-mahkota
-benang sari
-putik




& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian (carefulness)

D.    Materi Essensial
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
o   Akar
o   Struktur akar
o   Kegunaan akar Jenis batang
o   Kegunaan batang
o   Bentuk daun
o   Kegunaan daun
o   Bunga


E.     Media Belajar
o   Tumbuhan kecil
o   Baskom dan air secukupnya


F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan (responsibility )
o   Memimpin doa dan mengabsen siswa ( carefulness )
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan akar tunggang dan memberikan contoh tanamannya ( diligence , carefulness , responsibility )
-   Mangga
-   Jeruk
-   Kacang-kacangan
F Menjelaskan akar serabut dan memberikan contoh tanamannya (responsibility )
F Menjelaskan kegunaan akar bagi tumbuhan seperti : (responsibility )
-   Menyerap air
-   Menyerap zat hara
-   Memperkokoh tumbuhan
F Memahami tentang batang tumbuhan  ( respect )
F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya ( respect , diligence )
F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya ( responsibility , discipline )

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan ( carefulness )
F Melakukan kegiatan  (responsibility , discipline )
F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan (discipline ,diligence )
F Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuki helai daun : ( carefulness , diligence , responsibility )
-   Tulang daun menyirip
-   Tulang daun menjari
-   Tulang daun melengkung
-   Tulang daun sejajar
F Mendeskripsikan kegunaan daun : ( respesct , carefulness )
-   Sebagai tempat pemasakan makanan
-   Sebagai alat pernapasan
-   Sebagai tempat terjadi proses penguapan
F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan  (carefulness , diligence )
F Memahami tentang bunga dan bagiannya : (respect )
-       Tangkai
-       Dasar bunga
-       Kelopak
-       Mahkota
-       Benang sari
-       Putik
o    
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (responsibility ,respect )
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (responsibility , respect )
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali struktur tumbuhan dan fungsinya (diligence) 

(50menit)


























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Pemberian tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi struktur tumbuhan beserta fungsinya ( responsibility )


G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


o   Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

o  Mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
Tugas Individu dan Kelompok


Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri



o  Jelaskanlah bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri



o  Jelaskanlah bagian daun     tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri


o  Jelaskanlah bagian bunga dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

FORMAT KRITERIA PENILAIAN     

&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor

1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :