RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur dan
Fungsi bagian tumbuhan
waktu : 2 x 45 menit
Metode :
Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1.
Memahami hubungan antara
struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi Dasar
2.1
Menjelaskan hubungan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya.
C. Tujuan Pembelajaran**
o Siswa dapat Mendeskripsikan jenis akar serabut dan akar tunggang
o
Siswa dapat Mendeskripsikan
kegunaan akar
o
Siswa dapat Mendeskripsikan
penggunaan batang
o
Siswa dapat Mendeskripsikan
daun pada tumbuhan
o
Siswa dapat Mendeskripsikan
bagian-bagian yang dimiliki bunga sempurna seperti :
-
tangkai
-
dasar bunga
-
kelopak
|
-mahkota
-benang sari
-putik
|
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian (carefulness)
D. Materi Essensial
Struktur
dan Fungsi bagian tumbuhan
o
Akar
o
Struktur akar
o
Kegunaan akar Jenis batang
o
Kegunaan batang
o
Bentuk daun
o
Kegunaan daun
o
Bunga
E. Media Belajar
o Tumbuhan kecil
o Baskom dan air secukupnya
F. Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(responsibility )
o
Memimpin doa dan mengabsen siswa ( carefulness )
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan akar tunggang dan memberikan contoh tanamannya (
diligence , carefulness , responsibility )
- Mangga
- Jeruk
- Kacang-kacangan
F
Menjelaskan akar serabut dan memberikan contoh tanamannya (responsibility
)
F
Menjelaskan kegunaan akar bagi tumbuhan seperti :
(responsibility )
- Menyerap air
- Menyerap zat hara
- Memperkokoh tumbuhan
F Memahami tentang
batang tumbuhan ( respect )
F Siswa dapat
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya ( respect
, diligence )
F Siswa dapat
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya ( responsibility ,
discipline )
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan ( carefulness )
F
Melakukan kegiatan (responsibility
, discipline )
F
Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan (discipline
,diligence )
F
Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuki helai daun :
( carefulness , diligence , responsibility )
-
Tulang daun menyirip
-
Tulang daun menjari
-
Tulang daun melengkung
-
Tulang daun sejajar
F
Mendeskripsikan kegunaan daun : ( respesct , carefulness )
-
Sebagai tempat pemasakan makanan
-
Sebagai alat pernapasan
-
Sebagai tempat terjadi proses penguapan
F
Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan (carefulness , diligence )
F
Memahami tentang bunga dan bagiannya : (respect )
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
(responsibility ,respect )
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan (responsibility ,
respect )
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Mengulang kembali struktur tumbuhan dan fungsinya (diligence)
|
(50menit)
|
||
(5 menit)
|
|||
o
Pemberian tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi
struktur tumbuhan beserta fungsinya ( responsibility )
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
o Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan
fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
o Mengidentifikasi
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
o Mengidentifikasi
bagian bunga dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi
tumbuhan itu sendiri
o Jelaskanlah bagian
batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
o Jelaskanlah bagian
daun tumbuhan dan fungsinya bagi
tumbuhan itu sendiri
o Jelaskanlah
bagian bunga dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
: